Buah Kamani Diolah Menjadi Biodiesel di Yogyakarta

Posted: Maret 1, 2010 in Uncategorized

buah kamani utk biodiesel

Buah pohon Kamani ternyata bisa diolah menjadi biodiesel. Pohon Kamani tumbuh subur di seluruh kawasan pantai Yogyakarta dan menghasilkan buah berlimpah. Dulu, buah ini hanya digunakan untuk memasak dan sebagai kayu bakar, namun kini berubah menjadi biodiesel.

Kini buah Kamani itu diburu oleh para murid setempat untuk mendapatkan uang tambahan dengan mengumpulkan buah Kamani dan menjualnya kepada seorang pembeli bernama Samino.

buah kamani-02

Menurut Samino, (seorang pembeli buah kamani) mengatakan:
“Buah sebelumnya digunakan untuk kayu bakar, tetapi sekarang anak-anak menjualnya untuk mendapatkan uang tambahan untuk membantu orang tua mereka.”

Unit pengolahan biodiesel dibangun tujuh tahun lalu, dan setelah melalui banyak penelitian dan ujicoba, akhirnya buah kamani dianggap yang paling sempurna.

Lebih lanjut menurut Wahyudi Anggoro Hadi, Peneliti Biodiesel mengatakan:
“Banyaknya potensi itu, terus ada pengalaman-pengalaman kecil semacam itu, kita coba untuk melakukan pemanfaatan riset pemanfaatan yang belum bagi biodiesel… Yang relatif signifikan adalah emisi di karbonnya, kita pernah melakukan uji coba, per to per membandingkan penggunaan solar dengan    penggunaan  biodiesel itu, biodiesel ada selisih yang lumayan signifikan, kira-kira 8%, kita lebih ramah lingkungan.”

Penduduk desa kemudian menciptakan mesin yang dapat mengubah minyak menjadi biodiesel. Kurang lebih tiga pon buah kamani diharapkan dapat menghasilkan satu liter biodiesel, yang memiliki daya bakar dua kali lebih tinggi dari pada minyak tanah. Sisa pengolahan juga dapat digunakan sebagai makanan untuk ternak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s