Inilah Berlian Mentah termahal didunia,yang harganya 328 Milyar lebih

Posted: Februari 28, 2010 in Uncategorized

LONDON – Sekilas, tak ada yang istimewa pada batu bening hampir sebesar telur ayam ini. Namun begitu “batu bening” ini laku seharga 35,3 juta dolar AS kalau dihitung dengan Rupiah 1$=Rp 9.300.- maka nilai berlian tersebut 328,29 Milyar , semua baru terhenyak, karena ternyata benda itu ternyata berlian mentah 507 karat! “Harga itu memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian mentah,” ujar salah seorang pemasok berlian yang hadir dalam lelang itu.

Batu yang beratnya hanya sekitar 100 gram ini merupakan satu dari 20 berlian mentah kualitas tertinggi di dunia. Berlian itu ditemukan pada bulan September tahun lalu di tambang Cullinan di Afrika Selatan.

Menurut pemasok berlian Petra Diamond Ltd yang berbasis di London, berlian itu dibeli oleh sebuah toko perhiasan Chow Tai Fook Jewelry Co Ltd di Hongkong.

Letak istimewa berlian ini ada pada paduan antara kejernihan, warna, dan ukurannya. “Dan karatnya sebesar 507,5 membuat berlian ini menduduki urutan ke-19 berlian terbesar yang pernah ditemukan,” kata CEO Petra, Dippenaar Johan. Berlian ini, kata dia, setelah diolah akan bisa menghasilkan perhiasan kualitas nomor satu dengan harga berpuluh kali lipat.

Tambang Cullinan terletak di sebelah timur Pretoria, Afrika Selatan, yang dijual oleh De Beers SA ke sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Petra di tahun 2007 dengan harga 1 miliar rand (sekitar 180 juta dolar AS). Tambang ini telah beberapa kali menghasilkan berlian terbesar di dunia, termasuk 3.106-karat berlian yang telah ditemukan sebelumnya.[republika]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s