Denny: Ada Tawaran Negosiasi Politik, SBY Nolak!

Posted: Februari 27, 2010 in Uncategorized

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang pandangan akhir fraksi yang tergabung dalam Pansus Hak Angket Kasus Bank Century, proses lobi politik tidak hanya gencar dilakukan oleh kubu Partai Demokrat. Ternyata, ada juga sejumlah politisi yang mendatangi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menawarkan negosiasi politik.

Ada yang datang ke Presiden melalui beberapa jalur.

Politisi tersebut dikatakan bersedia mengubah pandangan akhirnya soal dana talangan Century senilai Rp 6,7 triliun asalkan Presiden mengabulkan permohonannya. Hal ini disampaikan Staf Khusus Presiden bidang Hukum Denny Indrayana, Sabtu (27/2/2010). “Ada yang datang ke Presiden melalui beberapa jalur,” ujarnya.

“Oke, kami akan mengubah posisi kami di Pansus, tapi tolong kasus pajak ini, kasus hukum itu jangan dilanjutkan,” ujar Denny sambil menirukan ucapan politisi tersebut.

Namun Presiden, lanjut Denny, menolak hal tersebut. “Presiden mengatakan, ‘Itu yang saya punya. Itu prinsip bagi saya. Kalau yang dinegosiasikan masalah hukum, saya tidak mau. No deal’,” tambah Denny.

Mantan pengamat hukum ini menyebutkan apa yang dilakukan politisi ini tidak sehat dalam kehidupan berdemokrasi. Dalam kesempatan tersebut, Denny juga menuding pandangan akhir fraksi juga dilatarbelakangi kekecewaan sejumlah politisi terhadap pembagian kekuasaan di pemerintahan.

Dikatakannya, ada politisi yang mungkin kecewa dengan penunjukkan Boediono sebagai wakil presiden, dan Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan. Alasannya, kasus Bank Century sebenarnya terjadi di penghujung tahun 2008.

“Lantas, mengapa harus diangkat menjelang pembentukan kabinet? Mengapa kasus ini tidak digunakan sebagai alat untuk menyerang SBY-Boediono pada Pilpres Juni 2009? Jadi, Pansus tidak sekadar mengkritisi kebijakan, tetapi upaya melakukan langkah-langkah politik tertentu,” ujar Denny yang mulai merapat ke kubu pemerintah sejak akhir 2008.

Lantas, siapakah politisi misterius tersebut? Denny memilih tersenyum tanpa menyebutkan secuil identitas pun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s