Bismillah…

Posted: Februari 27, 2010 in Uncategorized

Bismillah berasal dari bahasa arab yang berarti “Dengan menyebut nama Allah “. Bacaan ini disebut Tasmiyah dan bagi orang Islam sangat dianjurkan membacanya untuk memulai setiap kegiatannya. Sehingga apa yang dikerjakan diniatkan atas nama Allah dan semoga mendapatkan restu atas pekerjaan tersebut. Basmalah (bahasa Arab) adalah bahasa Arab yang digunakan untuk menyebutkan kalimat Islam bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi. Kalimat ini tertera dalam setiap awalan Surat di dalam Al-Qur’an, kecuali Surat At-Taubah. Juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan shalat, juga memulai kegiatan harian lainnya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Kalimat Basmallah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur’an yaitu di surat 27 ayat 30.

Penulisan Al-Qur’an diawali dengan basmalah. Hal itu telah ditegaskan tidak hanya oleh seorang ulama, di antara mereka adalah Al Qurthuby yarhamuhullah di dalam tafsirnya. Beliau menyebutkan bahwa para sahabat radhiyallahu ‘anhum telah sepakat menjadikan basmalah tertulis sebagai ayat permulaan dalam Al-Qur’an, inilah kesepakatan mereka yang menjadi permanen -semoga Allah meridhai mereka- dan Al Hafizh Ibnu Hajar yarhamuhullah pun menyebutkan pernyataan serupa di dalam Fathul Baari

Pada kehidupan yang penuh aktifitas, Kita dianjurkan untuk menyebut nama Allah sebelum memulai sesuatu dan memohon pertolongan Allah dalam segala urusan.  Sebab, Allah lah yang maha memberikan pertolongan. Sehingga ketika dalam mengerjakan sesuatu akan ada kebaikan dari allah,“Setiap sesuatu yang tidak diawali dengan basmalah, ia akan terputus (dari kebaikan dan berkat) (HR. Ibnu Majah). Kalau mau diakui secara jujur, tidak sedikit pekerjaan yang dilakukan manusia di dunia ini yang tidak diawali dengan menyebut nama Allah, Akibatnya sangat fatal. Dalam keadaan demikian, setan masuk untuk menggoda sekuat-kuatnya dan nafsu dikuasai. Maka banyak orang tergoda untuk menyeleweng dari jalur yang telah ditetapkan Allah. Ketika hawa nafsu sedang menggelegak, terasa seakan-akan Allah tidak melihat apa yang sedang diselewengkan manusia. Padahal, tegas dikatakan bahwa sehelai daun kering yang jatuh dari pohonnya di manapun di dunia ini, tak pernah luput dari penglihatan Allah.

Ayat bismillah itu, mempunyai pula tujuan penting yang lain. Ayat itu ialah kunci bagi arti dan maksud tiap-tiap Surah, karena segala persoalan mengenai urusan akhlak dan rohani, dengan satu atau lain cara, ada pertaliannya dengan dua Sifat Ilahi yang pokok, yaitu Rahmaniyah (Kemurahan) dan Rahimiyah (Kasih-Sayang). Jadi tiap-tiap Surah pada hakikatnya, merupakan uraian terperinci dari beberapa segi Sifat-sifat Ilahi. Pengucapan basmalah dengan penuh pemahaman, akan melahirkan efek yang luar biasa. Ketika kita mengawali aktivitas dengan basmalah, kita akan merasa disertai Allah. Semua yang kita lakukan pun akan bernilai ibadah. Dengan basmalah kita pun bisa bersyukur kepada Allah. Betapa tidak, dengan kasih sayangnya kita bisa hidup dan menikmati hidup. Ketika melakukan suatu kegiatan yang diawali basmalah, kita harus meyakini bahwa aktivitas tersebut terjadi karena izin Allah. Kita adalah makhluk lemah yang memerlukan bantuan Allah. Karena itu, setelah kita mengucapkan basmalah, kita pun disyaratkan untuk mengucapkan hamdalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s